Kamis, 02 September 2010

Filsafat Sebagai Pandangan Hidup

filsafat adalah pandangan hidup

Masalah negeri ini tak kunjung usai, mulai dari persoalan sosial, korupsi, pelanggaran hukum, rendah diri terhadap bangsa lain, penyalahgunaan jabatan, sampai pada maraknya penculikan anak-anak. Rakyatnya masih bergumul dengan masalah pribadi, mulai dari krisis ekonomi sampai krisis identitas.

Beragam masalah diatas kerap dikaji dalam ruang-ruang diskusi, seminar dan simposium tapi semua analisis masalah belum membuahkan hasil, seolah ada yang hilang dalam mengobservasi masalah tersebut. Yakni cara memaknai kehidupan. Problematika bangsa terlalu rumit untuk diselesaikan dengan pendekatan satu dimensi. Akar masalahnya bukan ketiadaan uang. Bangsa kita punya banyak sekali asset yang bisa dimanfaatkan.

Persoalan pokoknya adalah cara berpikir, dan cara memaknai hidup. Masalah material di Indonesia, mulai dari kemiskinan sampai korupsi, bisa lenyap dengan mengubah persepsi warganya tentang hidup. Filsafat sebagai landasan hidup bisa memberikan sumbangan besar dalam hal ini.

Filsafat

Filsafat bukan sesuatu yang abstrak. Filsafat berangkat dari pergulatan hidup manusia di dunia. Berangkat dari realitas kehidupan yag kemudian merefleksi pemikiran untuk melakukan perubahan-perubahan untuk menjadi lebih baik.

Filsafat juga bukan soal ateisme. Filsafat mengajak orang condong untuk memahami imannya secara tepat dan mendalam. Untuk itu kedangkalan hidup beriman harus dibongkar. Filsafat bisa menjadi godam yang efektif untuk tujuan itu.

Filsafat tidak hadir untuk menyesatkan. Filsafat mengajak orang untuk berpikir secara mendalam tentang hidup mereka. Hasil dari filsafat adalah cara berpikir yang mendalam dan tepat tentang kehidupan. Filsafat mencerahkan orang melalui pikiran dan tindakan, apapun profesi yang digelutinya.

Filsafat juga bukan hanya milik orang Eropa. Filsafat adalah dorongan dasar manusia untuk memahami dunia secara rasional dan sistematik. Filsafat hadir di sanubari setiap orang tanpa kecuali. Filsafat membuat hidup menjadi menggairahkan, bagaikan petualangan intelektual yang membahagiakan.

Pandangan Hidup

Filsafat tidak melulu soal berkutat dengan buku-buku sulit. Filsafat bisa menjadi pandangan hidup yang membahagiakan. Filsafat dimulai dengan pertanyaan yang mendasar tentang kehidupan, lalu dilanjutkan dengan penggalian yang seru dan menegangkan. Jalan hidup filsafat adalah jalan hidup yang penuh dengan petualangan.

Dimulai dengan pertanyaan, dilanjutkan dengan penggalian, itulah kiranya cara hidup orang yang berfilsafat, apapun profesi resminya, bisa tukang sayur, tukang buah, manajer, direktur, guru, akuntan, dosen, atau apapun. Orang yang berfilsafat akan berpikir rasional. Ia tidak mudah percaya mistik, ataupun pendapat-pendapat umum yang menyesatkan dan menggelisahkan. Ia tidak terjebak pada gosip ataupun rumor yang berkeliaran.

Orang yang berfilsafat menyampaikan pemikirannya secara sistematis. Tulisan dan pembicaraannya mudah untuk dimengerti. Ia runtut dalam berpikir. Ia runtut di dalam membuat keputusan. Ia akan menjadi orang yang komunikatif dan terbuka. Ia akan menjadi pemimpin yang bijaksana.

Orang yang berfilsafat tidak pernah puas pada kedangkalan. Ia selalu mencari yang lebih dalam di balik segala sesuatu, apapun profesi hidupnya, entah itu manajer, akuntan, guru, tukang sayur, dan sebagainya. Ia akan menjadi seorang wirausahawan yang cemerlang. Ia akan menjadi manusia yang berkualitas.

Orang yang berfilsafat percaya akan proses. Mereka bertekun dalam hening dan kesulitan untuk mencapai hidup yang dewasa, apapun profesinya. Orang yang berfilsafat percaya, bahwa kebaikan adalah suatu proses yang lambat dan berliku. Di dalam proses tersebut, ia akan bahagia.

Beragam masalah di Indonesia tidak akan bisa selesai dengan pendekatan-pendekatan teknis, seperti pendekatan ekonomi teknis, pendekatan politik teknis, pendekatan teknologi teknis, ataupun pendekatan budaya teknis. Beragam masalah tersebut bisa selesai dengan sendirinya, jika setiap orang Indonesia mau berfilsafat, yakni menjadikan filsafat sebagai jalan hidup, apapun profesi sehari-hari mereka. Jalan hidup filsafat menawarkan pencerahan yang menggairahkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berhasilkah Presiden SBY memimpin negeri ini?